Selasa, 02 Januari 2018

Memindahkan Folder Htdocs XAMPP Ke Directory Lain

Memindahkan folder htdocs yang awalnya di disk C: ke directory lain seperti D: atau pun E: sebenarnya mudah saja, disini kita hanya mengobrak sedikit pengaturan yang ada pada settingan xampp.

Tujuan memindahkan folder directory htdocs ini adalah agar tidak membebankan space yang disk yang kecil dan memindahkannya ke disk yang ukuran space nya lebih besar.

Memindahkan Folder Htdocs XAMPP Ke Directory Lain


Contohnya, pada saat menginstall aplikasi xampp biasanya anda akan next step penginstalan sampai selesai, tanpa sadar anda telah melewati langkah dimana software menyarankan tempat penginstalan dan otomatis menginstall di disk c.

Dengan kapasitas drive c yang minim tidak akan bisa menampung size script anda yang banyak, untuk itu kita akan mengalih tempat penyimpanan data atau script nya ke disk d atau lainnya.

Jadi intinya, komponen aplikasi nya di disk c dan untuk data nya di disk d.

Memindahkan Data Folder Htdocs Ke Directory Lain

  • Pertama yaitu buka aplikasi xampp, pada Apache klik "Config", => Apache (Httpd.conf).
  • Setelah terbuka, tekan control + F semudian cari kata DocumentRoot ganti dengan nama folder tempat pengalihan directory. silahkan lihat gambar berikut :

Memindahkan Folder Htdocs XAMPP Ke Directory Lain


  • Setelah selesai, simpan.
  • Restart kembali xampp anda
  • Jalankan browser dan ketikkan localhost/nama-folder-project-anda.
  • Done.
Sekian Cara Memindahkan Folder Htdocs XAMPP Ke Directory Lain, jika kurang paham silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar