7 Tips Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

  • Whatsapp
Tips Menjaga Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal merupakan impian bagi banyak orang. Mencapai berat badan ideal rasanya sangat senang, tetapi hal tersebut biasanya hanya bersifat sementara karena namanya berat badan bisa naik lagi atau malah turun. Walaupun program diet sudah berhasil dan mendapatkan berat badan ideal, namun ada tugas yang lebih berat lagi. Yaitu bagaimana menjaga berat badan agar tetap langsing dan ideal. Kebanyakan orang yang diet akan mendapatkan kembali 50 persen dari berat yang hilang di tahun pertamanya. Sebagian besar sisanya akan mendapatkan kembali dalam tiga tahun berikutnya. Berikut di bawah ini beberapa tips menjaga berat badan ideal.

  1. Membuat Rutinitas Makan

Cara menjaga berat badan ideal paling efektif yaitu dengan menjaga interval jam makan. Disarankan kamu harus makan dalam porsi kecil tetapi dibagi beberapa kali. Tetap harus hitung jumlah asupan kalori harian, pada akhirnya yang kamu makan tidak berlebihan. Untuk makan malam, sebaiknya tidak dilakukan menjelang tidur. Disarankan ketika 3-4 jam sebelum tidur, dan idealnya pukul 6 – 7 malam. Di atas jam 9 malam, lebih baik tidak mengonsumsi karbohidrat kompleks demi kesehatan.

  1. Hindari Minuman Bersoda

Cara lainnya yaitu lebih baik menghindari minuman bersoda, lebih baik lagi mengonsumsi menu minuman berbahan buah segar atau teh. Minuman bersoda hanya akan meningkatkan gejala penyakit seperti diabetes, arthritis, kerusakan hati, penyakit jantung dan yang paling buruknya adalah kanker.

  1. Tidak Terlalu Duduk

Karena pekerjaan kamu yang mau tidak mau diharuskan duduk selama berjam-jam di depan komputer. Sebaiknya, ketika kamu di luar tempat kerja, harus dibiasakan berdiri daripada duduk. Misalnya ketika kamu naik  kendaraan umum, berikan tempat duduk untuk orang yang membutuhkan, sehingga kamu akan berdiri. Lalu ketika menonton televisi di rumah, lebih baik hindari duduk yang bisa membuatmu ngemil dan berat badanmu akan bertambah, lebih baik nonton sambil berdiri atau melakukan peregangan.

  1. Olahraga Latihan Beban

Olahraga latihan beban akan membantumu tubuh tetap kencang dan cara efektif untuk menjaga berat badan kamu tetap ideal. Latihan beban ini tidak perlu dilakukan setiap hari karena untuk menjaga berat badan ideal terkadang harus memiliki waktu beristirahat yang cukup. Disarankan kamu bisa melakukan latihan ini tiga kali dalam seminggu.

  1. Makan Makanan Berserat

Disarankan kamu mengonsumsi lebih banyak serat setiap hari supaya kamu merasa kenyang dalam waktu yang lama sehingga kamu tidak akan memakan makanan siap saji atau junk food yang tinggi kalori. Biasakan makan makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran.

  1. Tidur yang Cukup

Salah satu cara yang mudah dilakukan yaitu tidur yang cukup. Tidak kurang tidur dan tidak kelamaan tidur. Biasanya jika kamu kelelahan, kamu akan membutuhkan makanan tinggi gula dan tinggi lemak untuk tetap terjaga, dan itu bisa menjadi ancaman bagi berat badan kamu bisa bertambah. Daripada mengonsumsi makanan yang tidak sehat lebih baik tidur dengan secukupnya.

  1. Jangan Tidak Makan

Jangan membiarkan tubuh kelaparan melewatkan jam makan. Jika kamu terus seperti ini dan menjadi sebuah kebiasaan, ini akan membuat kamu makan dengan jumlah porsi lebih banyak ketika makan. Lebih baik makan tiga hingga empat kali sehari dengan porsi yang dibatasi agar cukup memberi tenaga untuk badan.

Related posts