Travelling merupakan kata yang merujuk pada wisatawan yang ingin bepergian mengunjungi tempat – tempat wisata. Namun, travelling juga menjadi hobi seseorang. Bagi para traveller, perjalanan menggunakan kereta api menjadi salah satu pilihan yang masih banyak dipilih saat ini. Pasalnya, harga yang terjangkau murah dan pemesanan bisa langsung dilakukan pada aplikasi tiket kereta.

Namun tidak peduli, mode transportasi apa yang kamu gunakan saat travelling. Selama kamu nyaman, hal tersebut tidak masalah. Nah, buat kamu yang ingin travelling dengan nyaman menggunakan kereta api, berikut ini ada beberapa tips travelling dengan kereta.

Datang sebelum waktu keberangkatan

Memesan tiket kereta api tentu sudah sesuai dengan tempat duduk, gerbong dan waktu keberangkatan juga sudah pasti. Jika kamu terlambat atau melebihi waktu yang sudah tentukan, maka hanguslah tiket kamu. Maka dari itu, sangat penting untuk datang sebelum waktu keberangkatan agar perjalanan kamu nyaman. Pasalnya, sekarang ini semua waktu keberangkatan kereta api selalu tepat waktu dan tidak pernah molor.

Kenyamanan perjalanan dalam kereta api akan kamu dapatkan dengan manajemen waktu yang baik. Jadinya, kamu gak akan merasa bingung, cemas dan emosi karena harus berkejaran dengan waktu. Jadi benar – benar sediakan waktu untuk beristirahat sebelum keberangkatan. Setidaknya datang 30 menit sebelum waktu keberangkatan.

Bawa bawaan seperlunya

Tips nyaman selama travelling dengan kereta api adalah bawa barang seperlunya saja. Lihat seberapa banyak kebutuhan kamu saat bepergian. Usahakan tidak terlalu banyak membawa tas. Pasalnya, kamu sendiri akan merasa tidak nyaman karena begitu banyaknya barang bawaan. Kalau waktu perjalanan tidak terlalu lama, gunakan saja ransel sedang atau besar dengan satu tas kecil untuk membawa tiket, hp, dompet dan barang berharga lainnya.

Nantinya tas ransel bisa kamu tempatkan di atas tempat duduk. Jadinya kamu bisa duduk dengan nyaman hanya dengan satu tas kecil berisi barang berharga saja dan keperluan yang penting.

Pilih tempat duduk yang terbaik 

Agar perjalanan kamu nyaman, tentukan tempat duduk yang terbaik. Lebih baik jangan duduk dekat dengan sambungan gerbong. Selain itu, duduk sesuai arah kereta berjalan. Kalau kereta berjalan ke barat, maka lebih baik duduk sesuai arah perjalanan kereta, yakni barat. Posisi duduk inilah yang akan menghindarkan kamu dari rasa mual dan bisa menikmati panorama luar jendela dengan nyaman.

Untuk bisa mendapatkan tempat duduk yang kamu inginkan, pastikan memesan tiket jauh – jauh hari sebelum keberangkatan. Kalau kamu memesan sehari sebelum keberangkatan, maka sudah banyak tiket yang dipesan. Bahkan, kamu bisa saja kehabisan tiket kereta.

Hindari duduk depan AC langsung

Semua kereta saat ini sudah dilengkapi dengan AC. Jadi kamu bisa menikmati perjalanan selama tanpa panas atau bau keringat. Tapi lebih baik juga untuk menghindari AC secara langsung. Jangan pilih tempat duduk yang ada di bawah AC. Pasalnya, memang tidak baik untuk kesehatan dan kamupun juga tidak nyaman karena terlalu dingin. 

Pilih tempat duduk dekat jendela

Salah satu cara terbaik untuk menambah kenyamanan saat bepergian dengan kereta adalah dengan duduk dan menikmati pemandangan. Jadi, alangkah baiknya, kamu memiliki tempat duduk yang memang dekat dengan jendela. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan saja, duduk dekat jendela juga dekat dengan colokan. 

Gunakan pakaian yang nyaman 

Pakaian menjadi unsur terpenting untuk menghadirkan kenyamanan selama perjalanan. Tidak perlu rapi, paling penting adalah nyaman digunakan. Jika perjalanan jauh, gunakan pakaian yang nyaman dikenakan untuk tidur. Setelah sampai tujuan, kamu bisa berganti pakaian lainnya.

Siapkan camilan, buku, tontonan atau apapun untuk mengisi waktu luang

Perjalanan menggunakan kereta api memang memakan waktu cukup lama. Jadi kemungkinan kita akan merasa bosan hanya duduk saja dan memandang keluar jendela. Untuk mengisi kebosanan, kamu bisa membawa beberapa camilan. Selain itu, bawa saja buku bacaan kesukaan kamu untuk kamu baca selama perjalanan. Tidak hanya itu saja, beberapa film atau drama bisa kamu simpan untuk ditonton selama perjalanan. Bila perlu kamu bisa sedikit mengerjakan tugas kuliah selama perjalanan.