Bragg Apple Cider Vinegaradalah salah satu produk kemasan cuka apel yang sudah sangat terkenal akan khasiatnya. Ada banyak sekali khasiat bila kita mengonsumsi dengan rutin. Karena Apple Cider Vinegar atau cuka apel memiliki kandungan asam saetat, asam amino, vitamin, garam dan mineral. Maka sudah dipastikan banyak sekali manfaat yang terkandung dalam cuka apel.

Kandungan yang banyak tersebut membuat Bragg Apple Cider Vinegar salah satu produk terlaris di pasaran. Khasiat yang sudah teruji membuat para konsumen enggan untuk beralih membeli merek lain. Untuk anda sering dan hobi memasak maka tidak ada salahnya bila kita membuat sendiri cuka apel. Caranya sangat mudah, simak baik-baik uraian di bawah ini mengenai langkah-langkah membuat cuka apel yang benar.

Bahan Yang Dibutuhkan

Alat dan bahan yang kita butuhkan sangat mudah didapatkan di pasaran, jadi kita tidak usah bingung untuk mencari bahan-bahan tersebut. Berikut adalah bahan-bahan yang anda butuhkan untuk membuat cuka apel.

  1. 4 buah apel segar yang sudah di potong kecil-kecil

  2. Air bersih sebanyak 1 liter

  3. Gula pasir sebanyak seperempat cangkir

  4. Cuka apel murni sebanyak seperempat cangkir

  5. Topples kaca yang berukuran besar

Cara membuat Cuka Apel

  1. Pertama tanda masukan terlebih dahulu apel yang sudah di potong kecil-kecil pada topples

  2. Lalu anda siapkan satu cangkir air bersih dicampur dengan gula. Tunggu sampai gula tersebut larut dalam air. Setelah gula larut dalam air, selanjutnya anda masukan air gula tersebut ke dalam topples yang sudah terisi dengan potongan apel

  3. Setelah semua tercampur, selanjutnya anda masukan cuka apel murni ke dalam topples. Pemasukan cuka apel murni ini bertujuan untuk mempercepat proses fermentasi saja. Anda juga bisa tidak menggunakannya. Akan tetapi proses fermentasi yang akan berlangsung akan lebih lama

  4. Selanjutnya tambahkan air sampi semua terisi air, aduk dengan merata sampai bahan tercampur semua.

  5. Tutup topples dengan kencang, bila perlu tutup kembali topples tadi dengan kain. Usahakan tidak ada udara bisa masuk kedalam topples.

  6. Simpan topples tadi pada tempat yang aman dan hangat, jangan sampai terkena langsung dengan sinar matahari. Penyimpanan tersebut berlangsung antara 2 sampai 3 minggu.

  7. Setelah 2 sampai 3 minggu disimpan, anda buka tutup topples tadi lalu buang potongan apel yang ada di dalamnya, untuk air yang ada di dalam topples tadi anda pindahkan ke topples baru.

  8. Lalu anda aduk cuka apel yang tadi anda pindah ke topples yang baru. Setelah itu tutup kembali dengan rapat dan simpan sampai 2 hingga 3 minggu.

  9. Selama penyimpanan tersebut anda bisa sekali-kali untuk memantaunya. Bisa anda aduk-aduk lalu mencicipinya. Jika dirasa kadar keasaman menurut anda sudah cukup maka cuka apel buatan anda sudah bisa untuk di konsumsi.

  10. Untuk selalu terjaga cuka apel yang sudah jadi tadi sebaiknya anda simpan pada lemari es.

Itulah tadi cara membuat cuka apel, mudah bukan cara membuatnya. Mungkin yang anda butuhkan Cuma kesabaran. Karena prosesnya sangatlah lama untuk membuat sebuah cuka apel. Untuk anda yang tidak suka menunggu terlalu lama maka anda tingal membeli di pasaran. Ada banyak sekali pilahan untuk anda. Menurut saya bila anda ingin membeli cuka apel yang sudah jadi, saya rekomendasikan Bragg Apple Cider Vinegar. Karena sudah teruji akan khasiat dan kualitasnya.