Gunakan Pipa PVC untuk Saluran Air? Ini Kelebihannya!

  • Whatsapp
Pipa PVC

Siapa sih yang tidak kenal dengan pipa PVC? Salah satu jenis pipa yang kerap digunakan untuk mengalirkan air bersih di rumah maupun tempat lainnya. Pipa PVC terbuat dari bahan PolyVinyl Chloride, yang mana bahan ini membuat tekstur pipa menjadi lebih kuat dan tingkat kelenturannya pun terbilang tinggi. Harga pipa air satu ini sangatlah murah dan begitu terjangkau isi kantong karena itulah Anda disarankan menggunakannya di rumah.

Namun, tak hanya murah, pipa PVC ini juga memiliki berbagai kelebihan. Apa saja? Mari, disimak!

  1. Anti korosi. Pertama, pipa jenis ini anti terhadap korosi karena terbuat dari PolyVinyl Chloride. Yang mana, masalah krusial satu ini kerapkali menyerang pipa yang terbuat dari bahan besi atau disebut dengan pipa besi. Tidak hanya itu, pipa satu ini juga tahan terhadap bahan kimia tertentu seperti alkalin, misalnya. Dengan begini, tentu penggunaanya tidak akan mendatangkan kerugian untuk Anda.
  2. Prosedur pemasangan lebih mudah. Dibanding dengan pipa dari bahan besi, pipa PVC lebih mudah dipasang. Hal ini karena bahannya yang mudah dipotong dan tidak memerlukan alat khusus. Berbeda dengan pipa besi, di mana Anda membutuhkan alat untuk memotong pipa tersebut sehingga mengeluarkan lebih banyak biaya. Bukan cuma itu, materialnya yang ringan juga mudah dibawa ke manapun dan murah dalam pengangkutan.
  3. Kuat dan kokoh. Pipa satu ini pun sangat kuat dan kokoh. Pada saat digunakan pun tidak akan mudah retak maupun pecah. Dengan demikian, tentu saja sangat aman digunakan untuk mengalirkan air bersih di rumah. Apalagi, ditambah, sekarang PVC pun sudah dimodifikasi menjadi lebih modern, di mana terbuat dari bahan Unplasticized PoliVinyl Chloride (uPVC) sehingga membuatnya makin kuat dan tahan lama.
  4. Harganya relatif murah. Seperti yang sudah dipaparkan di bagian atas, harga dari pipa PVC ini terbilang cukup murah dibanding pipa besi maupun pipa jenis lainnya. Selain itu, alat penyambung pipanya pun tergolong murah dan bisa langsung dipasang tanpa menggunakan alat khusus. Dari segi perawatan, pipa satu ini juga tidak memakan biaya mahal dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Tentu, dengan begini, Anda tidak perlu lagi menyewa jasa profesional hanya untuk merawat maupun memasanga pipa PVC yang Anda gunakan.

Melihat banyaknya kelebihan yang diberikan oleh pipa PVC, masih tidak maukah Anda menggunakannya di rumah?

Related posts