Harga Mobil Bekas: Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Bagus

  • Whatsapp
Mobil Bekas Berkualitas

Mobil saat ini menjadi salah satu kendaraan impian yang ingin dimiliki oleh sebagian besar orang. Selain karena bisa digunakan sebagai kendaraan sehari-hari, memiliki mobil juga bisa menambah nilai prestigious bagi pemiliknya. Untuk membeli mobil baru, tentunya perlu mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Terlebih jika termasuk keluaran terbaru harganya bisa sangat mahal sekali. Namun begitu, bagi Anda yang terkendala dana untuk membeli mobil baru, mempertimbangkan membeli mobil bekas juga tidak ada salahnya. Selain karena harga mobil bekas yang relatif lebih terjangkau, jika cukup jeli dalam memilih tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk mendapatkan kendaraan yang cukup berkualitas.

Tidak semua mobil bekas yang dijual di pasaran dalam kondisi yang kurang bagus. Karena tak jarang mobil second yang ada di pasaran merupakan mobil yang belum lama dipakai oleh pemiliknya namun dijual karena tertarik dengan mobil keluaran terbaru. Sehingga karena trend berganti-ganti mobil baru dalam waktu dekat pada beberapa orang, membuat mobil-mobil second yang dijual di pasaran rata-rata masih tergolong seperti mobil baru.

Nah, daripada Anda merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli mobil baru, mempertimbangkan mobil second tentu tidak ada salahnya. Agar mendapatkan mobil bekas berkualitas, tentunya ketelitian menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Anda bisa menerapkan berbagai tips jitu berikut ini dalam pemilihannya, yaitu:

  • Perhatikan tempat pembelian mobil bekas yang akan dituju.

Untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas, perhatikan terlebih dahulu tempat pembelian mobil tersebut. Memang saat ini terbilang banyak sekali dealer mobil bekas yang menawarkan berbagai produknya dengan lengkap. Namun tentunya akan lebih baik jika Anda membeli langsung dari orang yang memang sedang menawarkan mobilnya secara langsung.

  • Perhatikan bagian eksterior mobil.

Bagian eksterior mobil merupakan bagian pertama yang akan terlihat. Maka dari itu, cek bagian eksterior mobil apakah masih dalam keadaan bagus atau tidak, terutama pada bodinya. Perhatikan apakah terdapat goresan atau kerusakan pada bagian bodinya. Perhatikan juga apakah bagian lampu depan dan belakang mobil dalam kondisi baik dan bisa mengeluarkan cahaya dengan baik atau tidak.

  • Cek performa mesin mobil.

Untuk mengetahui performa mobil, Anda perlu mengecek bagian mesinnya. Caranya dengan mencoba menghidupkan mobil dan perhatikan bunyi mesin yang terdengar. Mesin mobil yang berkondisi bagus memiliki suara mesin yang halus dan tidak kasar. Selain itu, juga mudah ketika di-starter. Sebaiknya lakukan test drive juga untuk mengetahui performa secara keseluruhan. Rasakan apakah mobil cukup nyaman ketika digunakan untuk berjalan.

  • Amati bagian aksesoris dan interior mobil.

Selain bagian eksterior, cek juga bagian interior dan aksesoris mobil. Adapun bagian interior dan aksesoris mobil yang perlu Anda cek, antara lain dashboard, AC, karpet, langit-langit, kaca mobil, kualitas jok, dll. Pastikan masih dalam kondisi bagus agar nantinya Anda tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk perbaikan jika benar-benar jadi membelinya.

  • Pastikan kelengkapan surat-suratnya.

Bagi penting lainnya dalam membeli mobil bekas yang perlu diperhatikan adalah surat-surat kendaraan. Pastikan dokumen seperti BPKB dan STNK sudah lengkap. Pastikan keaslian surat-surat berharga tersebut, mengingat saat ini cukup marak beredar pemalsuan surat-surat berharga agar mobil yang dijual bernilai tinggi.

  • Cek kondisi fisik.

Agar lebih mantap, Anda bisa melakukan cek fisik di kantor Samsat. Hal ini bertujuan untuk memastikan data dan informasi yang tertera pada BPKB dan STNK sesuai dengan kondisi sebenarnya mobil.

  • Asuransi pada mobil yang bersangkutan.

Sebelum tergiur dengan harga mobil bekas yang terjangkau, pastikan apakah terdapat asuransi pada mobil yang bersangkutan.

Related posts