Cara Menghilangkan Mual saat HamilMual ketika hamil, tentunya hal yang biasa bagi wanita. Gejala yang sering disebut morning sickness ini adalah situasi ketika wanita yang tengah hamil muda, merasakan mual di perutnya. Sebagai kelanjutannya, badan menjadi lemas, kepala menjadi sakit, pandangan berkunang dan tak jarang perut menjadi melilit. Untuk itu, butuh cara menghilangkan mual saat hamil yang pas dan minim efek samping.

Ada berbagai jenis obat yang bisa digunakan untuk meredakan mual ini. Paling sering digunakan adalah antiemetik atau antimual yang sering diresepkan dokter untuk wanita yang sedang hamil. Mual ini tidak bisa dianggap enteng, karena bisa berujung muntah. Saat muntah, berarti nutrisi yang masuk bersama makanan akan ikut keluar. Lebih parah lagi, apabila tubuh menjadi kurang cairan.

Bagi yang tidak ingin mendapatkan efek samping dari obat, tentunya bisa memilih cara alami untuk menghindari rasa mual itu datang lagi. Atau, bisa juga digunakan untuk meredakan rasa mual tersebut. Cara alaminya yang bisa Anda gunakan adalah mengonsumsi buah-buahan. Buah yang mengandung banyak vitamin, serta zat lain yang diperlukan oleh tubuh, tentunya pilihan yang pas untuk dikonsumsi ketika hamil. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan tentunya akan menjadikan kandungan semakin sehat, serta tidak ada efek samping bagi kandungan.

Buah-buahan yang pertama adalah lemon dan jahe. Kedua jenis buah ini juga menjadi pilihan yang pas untuk melawan rasa mual, ketika datang. Namun, tentunya keduanya agak sulit menjadi cemilan karena rasanya yang asam, bukan. Berikut buah-buahan yang rasanya manis, namun pas untuk mengurangi mual bagi wanita hamil. Tidak seluruh buah tentunya, karena ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari dimakan ketika hamil. Jadi, simak rekomendasi buah berikut ini, untuk mencegah mual ketika hamil.

Buah Untuk Menghilangkan Mual Saat Hamil

1. Jeruk

Sebagai buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah banyak, tentunya buah satu ini sangat baik untuk kesehatan tubuh wanita hamil. Ditambah lagi, sistem pencernaan ibu hamil juga akan tetap sehat apabila rajin mengonsumsi jeruk. Jeruk juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa mual, ketika mendera Anda.

2. Pisang

Pisang bisa menjadi cemilan sehat bagi ibu hamil. Apalagi, kandungan pisang sudah cukup banyak seperti zat besi, kalsium, magnesium dan kalium yang terbukti efektif mencegah rasa mual itu datang berlebihan. Akan lebih baik ketika dikonsumsi setelah sarapan.

3. Alpukat

Buah satu ini juga memiliki tekstur yang lembut, serta rasa yang nikmat, apalagi bila dimakan bersama dengan gula merah. Tentunya, selain memberi tambahan tenaga, juga akan menjadikan wanita hamil tidak diserang sembelit atau gangguan pencernaan lainnya.

4. Melon

Melon sering pula digunakan untuk mengurangi mual pada tiga bulan pertama usia kehamilan. Cairan yang dikandung melon dalam jumlah banyak membantu memenuhi kebutuhan cairan Anda per hari.

5. Apel

Buah satu ini memiliki serat yang baik untuk pencernaan. Kandungan nutrisi, kalori dan vitamin di dalamnya juga membantu ibu hamil melawan rasa mualnya dan mencegahnya datang kembali.

Itu tadi 5 buah yang paling pas untuk mengurangi rasa mual saat hamil. Tentunya, juga harus dibarengi dengan pola makan yang sehat, istirahat yang cukup dan terus berkonsultasi dengan dokter untuk melihat kesehatan kandungan Anda. Apabila mual berlebihan bahkan terus terjadi siang dan malam, terutama di atas usia kandungan 4 bulan, maka segera konsultasikan ke dokter spesialis untuk penanganan lebih intensif.