Ini Dia 5 Cara Menghindari Risiko Keamanan Online Banking

  • Whatsapp
Ini Dia 5 Cara Menghindari Risiko Keamanan Online Banking

Penggunaan layanan online banking semakin tinggi. Sebab layanan digital ini memberi banyak kemudahan bagi para penggunanya. Namun sayangnya, dibalik dampak positif yang diberikan dari kemajuan teknologi, serangan kejahatan juga meningkat bahkan secara virtual atau cyber crime.

Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Mulai dari memahami seluk beluk layanan perbankan digital yang ditawarkan pihak Bank. Sampai dengan cara daftar mobile banking yang tepat dan aman.

5 Cara Hindari Risiko Keamanan Online Banking

Layanan m banking, pada umumnya diakses melalui smartphone penggunanya. Maka cara-cara mengantisipasi risiko keamanan dari layanan ini masih berhubungan juga dengan keamanan fungsi smartphone yang Anda pergunakan. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda terapkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Pahami Layanan Perbankan Digital Secara Menyeluruh

Sebagai antisipasi awal, sebelum mengunduh dan menginstall aplikasi m banking Anda harus lebih dulu memahaminya. Anda bisa mengecek di website Bank yang bersangkutan, untuk mencari info terkait layanan digital berikut tingkat keamanannya.

Jika Anda merasa kurang pas dengan beberapa hal, terutama yang berhubungan dengan akun perbankan Ada nantinya. Jauh lebih baik untuk mengurungkan terlebih dahulu penggunaan layanan tersebut sebelum memperoleh informasi akurat dan meyakinkan dari pihak Bank

  1. Jangan Gunakan Wifi Publik

Dalam mengakses aplikasi online banking di smartphone, diperlukan koneksi internet yang baik dan stabil. Namun, sangat tidak disarankan menggunakan Wifi publik atau umum. Sebab rentan mengalami peretasan, dimana bisa saja muncul man in the middle yang mencuri data secara virtual ketika Anda sedang mengaksesnya.

  1. Gunakan Aplikasi dengan Keamanan Autentikasi

Biasanya pihak bank sudah membuat autentikasi seperti kode OTP untuk menjaga keamanan akun Anda. Jangan pernah berikan informasi terkait kode akses tersebut kepada orang lain apapun alasannya.

  1. Log Out Manual Usai Menggunakan dan Rajin Perbarui Password

Jangan meninggalkan aplikasi dalam kondisi terbuka. Meskipun beberapa aplikasi akan otomatis log out setelah Anda membuka fitur lain pada smartphone Anda. Sebagai langkah menjaga keamanan, akan lebih baik logout terlebih dahulu setelah bertransaksi atau menggunakan layanan tersebut.

Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu rajinlah memperbarui password akun m banking Anda. Meski password harus mudah diingat, tetapi harus cukup rumit dan susah ditebak orang lain. Anda bisa menggunakan kombinasi huruf juga angka seperti inisial nama pasangan dan tanggal pernikahan.

  1. Jangan Lupa Menggunakan Lock Mode Pada Smartphone

Keamanan smartphone yang menjadi media pengakses akun mobile banking juga wajib diperhatikan. Baik penggunaan password ataupun kode biometrik agar tidak dapat dibuka sembarang orang. Hal ini bisa sebagai langkah antisipasi jika smartphone Anda hilang atau sengaja dicuri orang.

Layanan Online Banking yang Aman dan Nyaman Ada di PermataMobile X

Sebelum menginstall aplikasi online banking, pastikan jika Bank yang bersangkutan sudah terbukti terpercaya dan bagus reputasinya. Salah satu aplikasi mobile banking yang terjamin keamanannya adalah PermataMobile X.

Layanan perbankan digital dari PermataBank ini memungkinkan Anda melakukan berbagai aktivitas perbankan melalui genggaman. Berbekal smartphone dan koneksi internet yang baik, Anda bisa lebih mudah dan cepat melakukan transaksi perbankan secara praktis dari satu aplikasi saja. Sebab aplikasi PermataMobile X menyediakan ratusan fitur sampai cek mutasi rekening dengan mudah bagi nasabahnya.

Selain itu, aplikasi mobile banking yang memberi banyak terobosan baru ini juga menawarkan berbagai keuntungan seperti:

  1. Berbagai fitur penting seperti tabungan, obligasi, deposito, giro, kartu kredit, KPR, KTA hingga reksa dana yang bisa Anda cek mutasi transaksinya hingga rentang waktu 12 bulan
  2. Proses pengecekan mutasi pada setiap jenis akun tidak ribet dan cepat
  3. Semua jenis akun dihadirkan dalam satu tampilan layar. Sehingga lebih praktis dan mudah dioperasikan oleh nasabah
  4. Melalui PermataMobile X Anda bisa mengajukan pinjaman dana tunai maupun cicilan, kenaikan limit kartu kredit sementara dan juga penambahan kartu kredit
  5. Anda dapat bertransaksi dengan mudah dan cepat baik melalui transfer ataupun scan kode QR melalui e-wallet. Bahkan aplikasi ini juga memfasilitasi Anda yang ingin berinvestasi reksa dana. Dari aplikasi yang sama, Anda bisa melakukan penjualan, pembelian dan juga switching melalui smartphone saja.
  6. Log in lebih mudah dengan adanya sistem pengenalan wajah (Face ID) dan juga fingerprint. Untuk keamanannya, aplikasi ini tidak lagi menggunakan sms OTP melainkan dengan digital token.
  7. Pembelian produk perbankan bisa dilakukan melalui PermataStore yang sudah ada di aplikasi mobile banking. Jadi, Anda tidak perlu lagi mendatangi kantor cabang

Begitu banyak kemudahan yang dihadirkan online banking tanpa mengesampingkan keamanan akun perbankan nasabahnya. Namun, Anda juga wajib menambah lapisan keamanan dengan tips atau cara mengatasi resiko online banking yang sudah dijelaskan di atas. Sehingga Anda bisa menggunakan mobile banking dengan aman dan nyaman.

Related posts