Inilah Jenis-jenis Caption Text yang Perlu Kamu Ketahui

  • Whatsapp
contoh caption text

Di era sekarang ini yang semuanya serba internet semakin banyak juga berbagai hal terbaru ditemukan. Tentu, tujuan ini tidak lain adalah mempermudah para pembaca dalam melihat atau menganalisa obyek tertentu. Salah satu temuan tersebut tidak lain terkait dengan adanya caption text. Jenis tex satu ini berposisi sebagai tulisan yang menjelaskan akan suatu gambar di dalamnya.

Ada beberapa jenis caption di dunia online saat ini yang perlu kamu ketahui. Memang sejatinya posisi caption ini menjelaskan gambar tetapi meski demikian juga terbagi menjadi beberapa jenis yang perlu dipahami.

Identification Bar

Jenis caption yang pertama ini disebut identification bar, dimana caption ini menjelaskan akan siapa yang ada di gambar tersebut. Misalnya saja di dalam gambar ada foto Maria Vania di kolam renang, maka pada caption ini tidak menjelaskan apapun tetapi hanya menyebut nama Maria Vania.

Cutline

Untuk jenis selanjutnya yaitu cutline, dimana jenis satu ini menyebutkan siapa di dalam gambar dan pekerjaan apa yang dilakukan. Jadi misalnya di dalam gambar ada Agus yang memberi makan ayam, pada captionnya menjelaskan tentang Agus yang memberi makan ayam. Jadi hampir sama dengan jenis di atasnya hanya saja pada bagian ini dijelaskan dengan apa yang dilakukan oleh obyek di dalam gambar.

Summary

Di bagian ketiga ini bentuk caption ini lebih jelas dari yang pertama dan kedua. Sebab, di bagian ini selain menyebutkan seperti di atas juga disebutkan waktu, tempat dan alasan melakukan hal seperti itu.

Jenis caption seperti ini tentu biasanya dilakukan oleh perusahaan tertentu dimana mereka menjelaskan secara detail terkait hal-hal yang dilakukan lengkap dengan waktunya. Untuk kalangan pribadi biasanya jarang sekali menggunakan jenis caption seperti ini.

Expanded

Bagai caption satu ini juga memuat berbagai hal dengan menjelaskan lebih rinci dari jenis summary. Sehingga, pada caption ini tentu bukan kata-kata yang penuh gurau atau candaan karena di dalamnya memuat secara lengkap akan apa yang ada di dalam gambar.

Jenis caption seperti ini tentu sangat jarang digunakan atau ditemui karena umumnya orang membuat caption hanya sekedarnya saja. jenis caption pada bagian ini juga sama dengan summary yaitu hanya digunakan oleh pihak perusahaan saja.

Group Identification

Pada caption satu ini sesuai dengan namanya yaitu sama dengan jenis caption identification, hanya saja pada caption ini lebih dari satu orang. Jadi di dalam gambar tersebut ada dua orang yang sedang berpose di suatu tempat lalu pada caption dijelaskan namanya saja. sehingga kamu sebagai pembaca tikda tahu dimana lokasi mereka berada. Jenis caption seperti ini juga sering digunakan oleh beberapa orang dan juga para artis

Quote

Untuk bagian yang terakhir ini tentu paling banyak digunakan oleh setiap orang atau kalangan artis. Karena pada caption ini menjelaskan kutipan seseorang pada gambar yang ada di sosial media tersebut. Dengan itu, gambar yang ada sudah cukup jelas dengan bantuan pada kutipan tersebut.

Itulah beberapa hal terkati caption text yang perlu kamu ketahui dimana tidak semua jenis tersebut digunakan. Hanya beberapa jenis teks saja yang banyak digunakan oleh sebagian orang tetapi yang terbanyak adalah quote.

Bagi kamu yang mungkin penasaran bisa baca contoh caption text yang dalam bentuk bahasa inggris. Jadi pada contoh tersebut kamu akan memahami bagaimana menulis caption dalam bahasa asing.

Related posts