Kelainan Tulang Belakang yang Wajib Diketahui Bersama SehatQ

  • Whatsapp
Kelainan Tulang Belakang

Kesehatan tulang tidak boleh luput dari perhatian, jika tidak kelainan tulang bisa terjadi. Salah satu yang sering terjadi adalah kelainan tulang belakang. Apabila muncul kelainan tulang maka bisa mempengaruhi postur tubuh.

Penderita pun tidak akan merasa nyaman ketika beraktivitas. Terjadinya kelainan tulang belakang bisa disebabkan oleh banyak sebab. Misalnya obesitas, penyakit lain atau sering membawa beban berat. Mengenali apa saja jenis kelainan tulang belakang pun sangatlah penting.

Macam-macam Kelainan Tulang Belakang yang Harus Dikenali

Kelainan yang terjadi pada tulang bukan hanya disebabkan cacat dari lahir tetapi juga gaya hidup. Bagi siapa saja yang mulai merasa tidak nyaman pada postur tubuhnya di mana tulang belakang menjadi penyebabnya harus segera mendapatkan penanganan.

Lalu apa saja kelainan tulang belakang yang sering terjadi? Berikut ini jenis dan penjelasannya.

  • Lordosis

Kelainan ini adalah di mana area punggung bagian bawah melengkung ke depan. Ketika lengkungan terjadi berlebihan maka rasa sakit yang tidak tertahankan akan muncul. Pengaruhnya sendiri bisa mulai dari punggung bawah sampai leher.

Penyebab dari lordosis bisa berbagai macam seperti salah satu ruas tulang belakang yang patah karena osteoporosis,. Bisa juga karena radang piringan sendi tulang belakang atau discitis yang terjadi karena infeksi.

  • Skoliosis

Tulang pada bagian belakang akan melengkung ke bagian samping, terlihat tidak normal. Lengkungan bisa berbentuk huruf C atau S dan bahu serta pinggang tidak seimbang. Sebagian besar kelainan tulang ini tidak diketahui penyebabnya.

Sedangkan beberapa masalah lainnya bisa disebabkan oleh cacat dari lahir hingga perkembangan tulang belakang terganggu. Adanya infeksi karena cedera pada tulang belakang. Bisa juga karena kondisi neuromuskuler.

  • Kifosis

Untuk jenis yang ketiga ini lebih ke bagian tulang belakang bagian atas. Pembengkokan terjadi tidak normal yaitu sampai 50 derajat. Di mana biasanya lengkungan secara normal adalah 25 sampai 45 derajat saja.

Seseorang dengan Kifosis akan terlihat bungkuk. Penyebabnya sendiri terjadi karena radang sendi, penuaan yang disertai osteoporosis, cedera dan juga penyakit Scheuermann yang bisa terjadi pada anak-anak.

  • Spondylosis

Merupakan gangguan yang terjadi pada pergerakan tulang belakang serta saraf. Bukan hanya orang tua yang terkena osteoporosis saja yang bisa mengalaminya. Namun kebanyakan atlet mengalami kelainan tulang belakang ini.

Penyebabnya karena sering mengangkat beban secara berlebihan. Gaya hidup yang tidak terlalu aktif juga bisa menjadi penyebabnya.

  • Spondylolisthesis

Kelainan yang terakhir adalah tulang belakang yang bergeser karena fraktur stress. Biasanya yang sering mengalami adalah tulang punggung bagian bawah. Namun tidak menutup kemungkinan jika tulang punggung ke atas sampai leher juga bisa mengalaminya.

Seseorang yang memiliki kelainan tulang punggung memiliki gejala yang bisa diperhatikan. Misalnya saja punggung sering mengalami nyeri, otot pada tulang punggung terasa tegang atau sampai muncul mati rasa.

Rontgen adalah salah satu cara yang biasanya akan dilakukan dokter dalam pemeriksaan fisik. Karena melalui sinar X maka lengkungan yang terjadi pada tulang belakang dapat diketahui dengan lebih jelas.

Kamu bisa dengan mudah mengetahui faskes serta dokter Ortopedi terdekat melalui website atau aplikasi SehatQ. Bersama dengan dokter Ortopedi, kamu bisa melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

SehatQ mempermudah siapa saja untuk melakukan janji temu dengan dokter umum hingga spesialis. Cukup mengakses aplikasi, pilih dokter, jadwal dan pilih juga lokasi yang terdekat. Tak perlu menunda lagi untuk memeriksakan kesehatan, karena SehatQ telah menyediakan fitur sangat membantu.

Related posts