Manfaat Jogging Pagi dan Cara Jogging yang Benar Di sini

  • Whatsapp
Manfaat Jogging

rutin berolahraga. Bagi kamu yang tidak memiliki waktu yang banyak, jogging adalah olahraga ringan yang bisa kamu lakukan. Walaupun terlihat sederhana, jogging di pagi hari dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh. Kali ini kita akan membahas manfaat jogging pagi dan cara jogging yang benar di sini.

Waktu jogging yang baik sebenarnya pagi dan sore hari, namun keduanya memiliki manfaat yang berbeda. Jogging yang benar dapat membentuk massa otot dan membakar kalori. Meskipun jogging hanyalah olahraga lari saja, tapi kamu tetap harus tau cara jogging yang benar agar terhindar dari resiko cedera.

Manfaat Jogging Pagi dan Cara Jogging yang Benar

Memang manfaat jogging sore juga sangat bagi tubuh, tapi karena alasan tertentu seseorang tidak memiliki waktu di sore hari untuk berolahraga. Sebelum melakukan jogging, pastikan kamu mengenakan sepatu dan pakaian senyaman mungkin, menentukan lokasi dan waktu jogging, dan yang paling penting penuhi asupan nutrisi sebelum melakukan olahraga ini.

Dengan jogging di pagi hari pun kamu tetap bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti di bawah ini.

  1. Menyehatkan Jantung

Ketika berlari, jantung pun ikut giat dalam memompa darah untuk mensuplai oksigen ke otot-otot tubuh untuk berlari. Sebuah penelitian menunjukan bahwa dengan berlari sejauh 16 km seminggu dapat mengurangi resiko endapan kolesterol pada pembuluh darah jantung hingga 34%.

  1. Memperlancar Siklus Menstruasi

Manfaat jogging bagi wanita ini bukanlah hal yang baru lagi. Jogging yang dilakukan dengan rutin akan menyeimbangkan hormon wanita, sehingga dapat memperlancar siklus menstruasi.

  1. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Jogging di pagi hari dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi kamu dalam beraktivitas seharian. Sebuah penelitian dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa olahraga di pagi hari mampu meningkatkan perhatian, serta memudahkan seseorang dalam mengambil keputusan.

Bukan hanya itu saja manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika jogging di pagi hari, mulai dari paru-paru jadi lebih sehat, meningkatkan kekuatan sendi, meningkatkan imun tubuh, menurunkan resiko kanker, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi.

Demikian manfaat jogging pagi dan cara jogging yang benar. Sudah siapkah kamu jogging di pagi hari?

Related posts