Mengenal CCTV Outdoor, Cara Kerja, hingga Keunggulannya

  • Whatsapp
CCTV Outdoor

Ingin menggunakan sistem keamanan yang canggih untuk rumah pribadi maupun gedung perkantoran? Bingung memilih CCTV outdoor karena belum tahu seluk beluk informasinya?

Kamera CCTV sebenarnya merupakan suatu alat yang juga biasa disebut sebagai kamera pengintai. Penggunaan CCTV mampu mencegah berbagai tidak kejahatan dan dengan mudah menanganinya. Salah satu yang banyak digunakan adalah jenis kamera outdoor yang efektif digunakan sebagai perlindungan.

Dengan adanya sistem pengawasan di luar area bangunan, maka kegiatan yang berisiko akan lebih terpantau. Pengoperasiannya bahkan bisa dilakukan jarak jauh, sehingga dapat memberikan perlindungan ekstra.

Maka dari itu, sangat penting menentukan sistem keamanan gedung umum maupun pribadi. Bagi Anda yang masih kurang jelas mengenai jenis CCTV ini, perhatikan uraian lengkap berikut.

Mengenal Apa Itu Kamera CCTV Outdoor

Kamera CCTV outdoor seringkali disebut sebagai sistem pengawasan multi kamera yang bekerja di luar ruangan. Tujuan dari pemakaian perangkat ini adalah untuk melakukan pengawasan di area luar bangunan.

Baik itu untuk pengawasan rumah pribadi, perkantoran, instansi, serta berbagai pusat pelayanan publik lainnya. Banyak orang, biasanya menempatkan kamera pengintai ini di area pintu maupun jalan masuk. Penempatan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan jarak pemantauan yang diinginkan.

Kerja Kamera CCTV

Kerja perangkat CCTV menggunakan instalasi kamera dengan jaringan kabel atau nirkabel. Kamera tersebut akan terkoneksi pada pusat kontrol lewat DVR maupun jaringan wireless. Hal ini akan memudahkan para pemilik rumah untuk bisa mengakses seluruh kamera yang dipasang.

Perekaman memungkinkan pengguna dapat mengakses video, seringkali diprogram untuk perekaman di waktu tertentu. Selain itu, ketahui pula cara kerja dua jenis kamera berikut.

  • Kamera Analog

CCTV yang ada di pasaran sekarang ini, kebanyakan menggunakan kamera analog. Pemakaiannya mengandalkan perangkat lunak yang terhubung ke DVR maupun monitor dengan adanya lensa, Chip DSP, serta housing pelindung. Kabel terhubung ke DVR yang akan mengkompres video, lalu menyimpannya ke hard disk.

  • IP Camera

IP Camera disebut juga Network Surveillance Cameras, sebagai sebuah sistem pengawasan yang dinilai lebih mahal dibandingkan analog. Sistem kerja jenis kamera ini, tidak diperlukan adanya DVR yang terpisah. Sistem mampu merekam gambar maupun video, mengompres, hingga mengkonversikannya ke dalam format digital.

Kelebihan CCTV Luar Ruangan

CCTV luar ruangan punya banyak keunggulan, yakni bekerja dengan menggunakan kabel maupun wireless. Penempatannya bisa di mana saja, serta dapat dimonitoring hingga 24 jam.

Kamera pengintai outdoor ini juga dirancang menggunakan sudut pandang yang lebih lebar untuk pengawasan. Kamera memiliki tingkat perlindungan lebih tinggi, sehingga lebih mampu menahan tekanan semprotan air, serta mampu memantau jarak jauh.

Selain itu, perangkat juga memiliki tingkat sensitivitas sensor sangat tinggi, fitur night vision, housing protection dan sebagainya. Anda bisa memperhatikan berbagai keunggulan ini sebagai pertimbangan dalam mencari CCTV outdoor terbaik.

Hikvision sebagai Penyedia Sistem Keamanan CCTV Pilihan

Hikvision merupakan sebuah penyedia sistem keamanan yang telah menerapkan penggunaan teknologi inovatif. Di dalamnya terdapat fitur HikCentral Enterprise dengan berbagai keunggulan, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Fitur keamanan commercial yang menyediakan menyediakan bantuan Artificial Intelligence di dalamnya.
  • Human Access Management yang meliputi Visitor Management, akses tenant, hingga absen karyawan dengan menggunakan beragam Autentifikasi. Belum lagi, ditambah adanya kamera ANPR dan panduan tempat parkir atau Parking Guidance
  • Fitur keamanan retail yang menyediakan bantuan Artificial Intelligent atas perangkat. Produk HikCentral Enterprise ini menawarkan solusi keamanan yang komprehensif dan efisien bagi industri retail.
  • Teknologi yang digunakan juga mampu meningkatkan daya jual suatu produk dengan memanfaatkan kamera CCTV. Perangkat ini terkoneksi dengan fitur customer analysis serta diintegrasikan dengan customers data VIP.
  • Fitur untuk pendeteksian otomatis saat ada pelanggan yang berkunjung dan masuk ke toko. Para karyawan di toko tersebut akan memperoleh notifikasi bahwa ada pelanggan yang datang.
  • Fitur Remote Audit yang mampu bekerja untuk memenuhi berbagai keluhan dari para customers. Fitur ini bisa digunakan apabila merasa kurang efektif dengan penggunaan system audit tradisional.
  • HikCentral Enterprise Pendidikan sebagai platform manajemen pusat pendidikan yang memiliki berbagai fungsi. Diantaranya saja saja seperti berbagi pendidikan, sistem absensi dengan¬†pengenalan wajah, keamanan video, manajemen alarm, hingga kontrol akses.
  • HikCentral Enterprise¬†Industri sebagai platform manajemen pusat yang bekerja dalam hal industri. Perancangannya ditujukan untuk lokasi industri yang berkaitan dengan operasi manufaktur dan logistik menggunakan teknologi canggih.

Di dalam platform ini tersedia beberapa fungsi, meliputi manajemen model AI, manajemen dermaga, aplikasi skenario AR, pelacakan paket, dasbor data, dsb.

Itulah berbagai fitur yang ditawarkan Hikvision sebagai penyedia sistem keamanan terbaik dan CCTV termurah. Melihat informasi di atas, tentu saja membuat Anda bisa mempertimbangkan untuk segera menggunakan layanan CCTV outdoor HikCentral Enterprise.

Related posts