Jika Anda memiliki bisnis, baik itu berupa produk fisik, atau jasa, Anda harus mencoba strategi viral marketing. Mengapa? Tentu saja agar bisnis Anda semakin dikenal dan mendapatkan banyak konsumen. Salah satu media promosi terbaik dan digunakan banyak pengusaha atau tim adalah media sosial.
Platform facebool , Twitter, Instagram, dan Whahtsaap bisnis bisa Anda gunakan untuk social. Hanya saja, Anda harus menganalisis tren anyar untuk mendapatkan strategi media sosial yang tepat agar semakin dekat dengan konsumen.
Anda harus up to date dan melakukan riset tren terkini saat melakukan marketing di social media, sebab media sosial sering kali mengalami perubahan. Mulai dari perubahan kebiasaan, tingkat popularitas platform, dan kemunculan media sosial baru. Mengikuti tren akan memudahkan Anda dalam konten , yang disukai audiens.
Tren di Social Media Marketing Saat Ini
Penggunaan Teknologi AI
Saat ini banyak marketers yang menggunakan chatbot untuk kebutuhan marketing mereka. Chatbot merupakan program berbasis teknologi yang berfungsi melayani chat dari konsumen secara otomatis selama 24 jam dalam satu hari. Program ini diatur dengan baik untuk menjawab pertanyaan layaknya manusia.
Teknologi chatbot menjadi viral saat ini dan dapat dijadikan sebagai customer service. Kehadiran teknologi ini diprediksikan terjadinya 85% penjualan tanpa ada interaksi yang melibatkan manusia. Dengan kata lain, pekerjaan Anda akan lebih mudah, karena dapat menjawab semua pertanyaan konsumen setiap saat.
Memanfaatkan Ketenaran Konten Video
Social media marketing di media sosial selanjutnya, yaitu membuat konten unik berbentuk video, termasuk video slow motion. Lebih banyak diminati oleh generasi milenial dan generasi Z karena lebih menarik perhatian. Melalui konten jenis ini, banyak content creator yang sukses serta mendapatkan penghasilan.
Anda bisa membuat konten singkat, padat, menarik. Kemudian mampu menjelaskan hal yang berkaitan dengan bisnis atau produk yang ditawarkan. Misalnya, mengenai kelebihan produk Anda, cara menggunakannya, manfaat produk, harga, dan lainnya. Konten marketing menggunakan video ini bisa Anda unggah melalui platform.
Manfaatkan Stories Instagram
Di Instagram, Anda bisa menggunakan fitur stories untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Instagram Stories termasuk strategi yang populer saat ini. Mengapa begitu? Karena pengikut menyukai live update, konten terbaru mudah terlihat, lebih otentik, dan terdapat fitur swipe up untuk membuat pengikut lebih mudah terkoneksi dengan link situs web menuju produk yang Anda bagikan.
Bekerja sama dengan Influencer
Pemasaran melalui media sosial menggunakan bantuan nyatanya memberikan timbal balik yang masih tinggi. Anda bisa mencari dengan banyak untuk menjadi brand ambassador dari produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini dinilai efektif karena biasanya pengikut dari influencer akan mengikuti apa yang ditawarkan atau digunakan oleh idolanya.
Memaksimalkan Penggunaan TikTok
Sepertinya TikTok menjadi aplikasi yang sangat booming saat ini, bahkan penggunanya tak terbatas usia serta status sosial. Meskipun begitu, audiens terbesar TikTok memang berasal dari generasi milenial dan Gen Z. Ini menjadi peluang bagi Anda yang ingin membuat konten yang cepat viral.
Anda bisa memanfaatkan fitur menarik yang disediakan TikTok. Mulai dari penggunaan hashtag, backsound yang menarik, challenge yang diadakan, hingga memasang TikTok ads.