Tubuh manusia pada dasarnya sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit, terutama pada orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah maka kemungkinan terjangkit bakteri atau virus menjadi lebih mudah seperti terkena penyakit sclerosis ganda atau multiple sclerosis. Penting untuk Anda ketahui bahwa multiple sclerosis adalah gangguan kesehatan yang menyerang jaringan saraf mata, otak atau tulang belakang. Umumnya efek yang langsung dirasakan oleh penderita penyakit ini adalah mengalami kelainan penglihatan dan sulit menggerakkan tubuh. Selain itu, jenis penyakit yang satu ini juga harus segera ditangani oleh dokter spesialis ahli karena jika sampai terlambat dapat menyebabkan kerusakan sistem saraf secara permanen dan mengancam kualitas hidup serta nyawa penderitanya.

Penting untuk diketahui, bahwa multiple sclerosis lebih rentan menyerang wanita dibandingkan para pria. Namun, gejala dan keparahan penyakit akan berbeda tergantung pada kondisi tubuh penderita yang biasanya dapat ditandai dengan tiba-tiba mati rasa pada bagian tubuh tertentu, sulit memiliki konsentrasi maupun tidak dapat menjaga sistem keseimbangan dan sering gemetar berulang tanpa alasan yang jelas. Pada beberapa kasus, penderita multiple sclerosis juga sering merasakan sensasi seperti tersengat listrik terlebih lagi jika penderita menggerakkan leher ke arah tertentu.

Masuk dalam kategori penyakit sangat berbahaya yang dapat mengancam nyawa penderitanya, penyebab penyakit ini adalah autoimun yang mengalami kelainan sehingga menyerang sistem imunitas tubuh itu sendiri. Selain itu, ada berbagai faktor yang dapat memicu timbulnya penyakit tersebut dan penting untuk Anda ketahui, antara lain:

  1. Faktor keturunan atau genetik menjadi penyebab umum seseorang terkena penyakit multiple sclerosis.
  2. Kemudian wanita yang berusia antara 16 – 55 tahun juga dinilai lebih rentan terkena gangguan kesehatan saraf yang satu ini.
  3. Selanjutnya para penderita penyakit diabetes, radang usus, maupun penyakit tiroid terbukti memiliki kemungkinan lebih besar terkena multiple screlosis yang diakibatkan oleh sistem imunitas melemah dan efek dari berbagai penyakit tersebut.
  4. Selanjutnya, Anda yang tidak pernah terkena paparan sinar matahari sama sekali dan tubuh kekurangan vitamin D juga harus melakukan antisipasi karena sangat mudah terkena gangguan penyakit tersebut.
  5. Kondisi terakhir yang dapat memicu terjadinya penyakit ini adalah orang yang memiliki kebiasaan merokok tanpa jeda dan tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat serta olahraga secara teratur.

Untuk dapat mendeteksi penyakit yang satu ini, Anda sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami salah satu gejala kelainan di tubuh yang terjadi berulang seperti ulasan di atas. Biasanya dokter baru akan memberikan diagnosa setelah Anda melakukan berbagai pemeriksaan medis terlebih dahulu dan dilengkapi pemeriksaan penunjang lain jika diperlukan. Tes darah, tes lumbal pungsi, serta MRI merupakan langkah umum yang dilakukan dokter untuk mengetahui dengan pasti penyebab sakit multiple sclerosis yang Anda derita.

Tindakan pengobatan yang biasanya akan dipilih dokter spesialis saraf dalam menangani penyakit multiple sclerosis adalah dengan memberikan obat-obatan terlebih dahulu. Namun, agar mempercepat fisik pulih seperti semula, terapi okupasi dan fisioterapi juga sering dijadikan sebagai solusi terbaik. Jika kedua langkah tersebut masih belum mampu menunjukan perubahan signifikan, maka dokter biasanya akan melakukan plasmapheresis atau tindakan membuang plasma darah dengan menggunakan alat khusus dan menggantinya dengan cairan infus yang telah diberi formulasi seperti albumin sebagai upaya agar penyakit sclerosis ganda dapat segera diatasi.